Pages

Sunday, September 2, 2018

Phrases /ungkapan - ungkapan

1
Hola
Hello /hi
Halo /hai
2
Buenos días
Good morning
Selamat pagi
3
Buenas tardes
Good evening
Selamat sore
4
Buenas noches
Good night
Selamat malam
5
Adiós
Good bye /bye
Sampai jumpa /selamat tinggal
6
Gracias
Thank you /thanks
Terima kasih




7
De nada
You’re welcome
Sama-sama
8
Si
Yes
Ya
9
No
No
Tidak
10
Perdón
Pardon
Maaf
11
Por favor
Please
Tolong
12
Lo siento
I’m sorry
Saya minta maaf
13
Disculpe
Excuse me
Permisi
14
¿Cómo estás?
How are you?
Apa kabar?
15
¿Qué tal?
How are you? What’s up?
Apa kabar?
16
¿Cómo está usted?
How are you?
Apa kabar?
17
¿Cómo va?
How’s it going?
Apa kabarmu?
18
¿Cómo anda?
How are things going?
Apa kabarmu?
Hola, halo /hai
¡ Buenos días, selamat pagi!
¡ Buenas tardes!, selamat sore!
¡ Buenas noches!, selamat malam
¡Adiós, selamat tinggal
¡Hasta luego!, sampai jumpa!
¡Hasta pronto!, sampai jumpa! (formal)
Me llamo,nama saya
Soy, saya adalah
Tengo años, umur saya
No estoy cansado, saya tidak menikah
No viajo solo,saya berpergian sendiri
Viajo con,saya berpergian dengan
No hablo español, saya tidak bisa berbahasa Spanyol
Esto no lo entiendo, saya tidak mengerti
No entiendo, saya tidak mengerti
¿Habla aquí alguien, adakah yang bisa bahasa
Inglés, Inggris
Francé, Perancis
Por favor, escríbalo, tolong tuliskan
Por favor, repítalo, tolong ulang
Un momento, por favor /tolong tunggu sebentar

A: ¡Hola! Me llamo Paul (hai, saya bernama Paul)
B: ¡Hola! ¿Qué tal? (Hai. Apa kabar)
A: ¿Cómo te llamas? (siapa namamu?)
B: Paul
A: ¿De dónde eres? (dari mana kamu berasal)
B: Soy espanola, de Madrid. ¿Y tú? (saya orang Spanyol, dari Madrid. Dan kamu)
A: Soy Mexicano. ¿Dónde vives?
A: ¿Vivo en Londres? ¿y tú?  (saya tinggal di London. Dan kamu)
B: Yo vivo en Los Angeles (saya tinggal di LA)

¡Hola! Me llamo Paul. Kata kerja me llamo berasal dari kata Yo me llamo, namun dalam pemakaiannya bisa dihilangkan dan bisa digunakan. Maksudnya, dalam hal menulis pun demikian. Dalam setiap bahasa bahwa kata kerja merupakan kata yang paling penting. Kata kerja dasar dari llamo adalah llamar (se).

Perbedaan antara qué tal dan cómo estás; qué tal (bisa diartikan juga what’s up!, ini bisa diartikan hanya sebagai sapaan /ekspresi yang tidak harus mendapatkan jawaban. Di dalam bahasa Inggris juga kita bisa temukan seperti, what’s up!, how are you doing?, yang artinya hi. Arti klasiknya digunakan dalam percakapan pertemanan /sudah akrab, seumur, dll). Jadi, kalau kamu mau yang lebih formal /spesifik gunakanlah ¿Cómo estás?, phrase ini lebih harfiah karena mengandung unsur kata yang sebenarnya).

¿Cómo estás?; cómo artinya how /bagaimana, dan estas adalah konjugasi orang kedua tunggal you /kamu /tú. Ingat ya guys pake kata ú artinya kamu /you berbeda dengan yang ini tu artinya your.
¿Cómo te llamas?. Kata kerja dalam kalimat ini adalah te llamas yang mana kata kerja dasar adalah te illamar (se).

Vivo en Londres. Kalimat lengkapnya adalah Yo vivo en Londres. Kata kerja dalam kalimat ini adalah vivo yang kata dasarnya adalah vivir.

¿De dónde eres?. Kata eres adalah kata kerja bantu yang artinya adalah. Di dalam bahasa Inggris, eres = are. Dan eres = t tú, sekalipun kata tu tidak diucapkan tidak akan mengubah artinya sama sekali. Subjek kata eres adalah ¿De dónde eres?. Kata eres adalah kata kerja bantu yang artinya adalah. Di dalam bahasa Inggris, eres = are. Dan you = tú. Perubahan dalam kata kerja tersebut disebut konjugasi. Semua kata kerja dalam bahasa Spanyol memiliki kata kerja dasar, dan dengan mengetahui kata kerja tersebut kita akan mengetahui konjugasinya. Kata kerja dalam bahasa Spanyol digolongkan menjadi tiga;
Kerja berakhiran –ar; estudiar, preguntar, hablar
Kata kerja berakhiran –er; comer, beber
Kata kerja berakhiran –ir; vivir, escribir

Saat bertemu. ¡Hola!, ¿Cómo estás?, ¿Qué tal?, Buenos días, Buenas tarde, Buenas noches

Saat berpisah. ¡Adiós!, Hasta mañana

No comments:

Post a Comment