Pages

Tuesday, August 14, 2018

Alasan belajar bahasa Spanyol

Apakah yang menjadi alasan - alasan Anda belajar bahasa Spanyol?, ...

Selamat pagi teman - teman paulnesia!. Dalam postingan kali ini, saya akan menuliskan berbagai alasan kenapa (harus) belajar bahasa Spanyol?. Ada berbagai macam alasan, baik secara pribadi dan umum alasan orang - orang belajar bahasa yang satu ini. Di lain hal, alasan tersendiri karena terinspirasi dengan lagu, "Yo te Amo", yang mana artinya adalah I love you. Sejak saat itu, saya sangat gemar mendengar lagu bernuansa bahasa Spanyol dan hal tersebut memikat hati untuk mengetahui apa arti lagu tersebut. Terus terang awalnya sangat kikuk dan kaku dari mana memulainya, karena saya sangat menyukai lagu tersebut tapi tidak tahu sama sekali artinya. Itulah alasan yang cukup sederhana kenapa saya mencintai: Budaya, Bahasa, dan orang - orangnya. Buat sobat paulnesia, saya juga ingin tahu, Apa sebenarnya alasan Anda belajar bahasa Spanyol!, Silahkan share dan comment di bawah ini, ...

Menurut Analisa saya setelah hampir 4 tahun bergelut mempelajari bahasa ini bahwa ada banyak sekali alasan kenapa ingin mempelajarinya lebih dalam. Sedikit bocoran kalau sekarang penulis memiliki beberapa teman penutur asli Spanyol dan yang paling membuat penulis senang sekali dengan pengalaman pertama kali menggunakan bahasa ini langsung bertatap muka dengan penutur aslinya. Pada saat itu saya memutuskan untuk mengunjungi bali selama beberapa hari dan di hari ketiga saya bertemu dengan wanita paruh baya berasal dari Peru, dan pada saat itu beliau sedang kesasar. Penulis ingin membantu sekali dan sangat penasaran, apa yang sedang wanita itu lakukan di tempat ini, dari tadi mondar - mandir!. Singkat cerita, saya mendekatinya dan sapaan pertama saya adalah "Hello, Madam! What are you doing here?, dan tiba - tiba beliau mengatakan, "No, English"!. Saya pun bingung mau berbicara apa, terus saya melanjutkan dengan bertanya, "From" dia pun menjawab Peru. Setelah hal tersebut saya pun berbicara dalam hati, Astaga! bahasa Spanyol gue khan, masih berantakan... gimana nih!. terus entah apa yang merasuki saya pada saat itu, saya pun mengatakan, "Yo hablo Espanol" dan beliau dengan sontak pun bahagia tak kuasa, tapi yang menjadi grogi adalah saya sendiri. Karena Apa?, beliau langsung berbicara seperti air terjun yang mengalir tanpa henti, tanpa sebuah koma. Dan bila Anda melihat ekspresi saya pada saat itu guys, bisa Anda bayangkan seperti orang tolol berdiri kebingungan tanpa mengeluarkan sepatah kata apa pun yang ada saya hanya ingin menangis. Beliau pun mengerti dan mulai berbicara dengan perlahan - lahan. Baiklah guys, itulah cerita singkat saya mengenai pertama kali berkenalan langsung dengan penutur asli. Sejak saat itu, saya pun semakin semangat belajar. 

Di bawah ini Ada 10 Alasan utama kenapa harus belajar bahasa Spanyol. 
1. Bahasa ke-2 terbesar di dunia. Dikutip dari laman Wikipedia bahwa dengan mempelajari bahasa Spanyol, Anda akan dapat berkomunikasi dengan sekitar 580 juta orang di seluruh dunia dan diperkirakan penutur asli bahasa ini berkisar 437 juta orang, dan yang paling menariknya lagi, ada sekitar 20 Negara menggunakannya sebagai bahasa resmi, dan jumlah tersebut meningkat drastis apabila kita memasukkannya sebagai bahasa kedua. Wah, hebat ya!. Kira - kira menurut Anda, ada berapa orang di Indonesia yang senang dengan bahasa ini atau sudah bisa berbicara dengan menggunakan bahasa Spanyol!. 

2.  Menjadi manusia yang lebih mandiri. Benarkah dan kenapa?. Saya memasukkan poin ini sebagai yang kedua terpenting, karena sejauh yang saya alami bahwa wawasan saya menjadi lebih luas, lebih ingin tahu, bahkan terkadang sudah menjadi kebiasaan mencari informasi mengenai bahasa dan budaya latin yang mana secara otomatis meningkatkan kemampuan bahasa Spanyol saya. Kalau dalam pribahasa mengatakan, "Sambil menyelam, minum air". 

3. Membuat perjalanan jauh lebih mudah. Kemana pun Anda pergi, pasti akan ada seseorang yang berbicara bahasa ini. Bahasa Spanyol akan meningkatkan pengalaman dalam perjalanan Anda, sekaligus membuat orang senang terhadap Anda, itu sama halnya ketika ada turus menyapa Anda dengan bahasa Indonesia. Penutur asli bahasa ini sangat senang, jika ada pengunjung datang dengan menggunakan bahasa mereka dan sebaliknya juga kita. Pada tahun 2050, menurut Asosiasi Akademi Spanyol bahwa Amerika Serikat akan menjadi negara terbesar menggunakan bahasa Spanyol. 

4. Ini akan membantu untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda. Sebuah studi tahun 2017 oleh Akademi Amerika mengatakan bahwa permintaan untuk karyawan bilingual di Amerika meningkat drastis lebih dari dua kali lipat untuk pekerja berketerampilan rendah maupun tinggi, itu juga berarti semakin banyak perusahaan atau pengusaha yang membutuhkan pekerja yang mampu berbahasa Spanyol ini ditujukan tentunya demi meningkatkan produktivitas usaha mereka sendiri. Jadi, ini bisa membuka peluang untuk Anda mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. 

5. Meningkatkan bahasa Inggris Anda sekaligus. Secara tidak disadari ketika belajar bahasa ini bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saya secara signifikan, karena penulis menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar saat mempelajari bahasa Spanyol, dan hal tersebut juga menambah kosakata baru yang lebih dramatis.

6. Anda bisa menikmati buku, film dan budaya yang berbaur bahasa Spanyol. Berbicara bahasa Spanyol akan membuka pintu lebih luas dengan budaya yang kaya, indah dan historical. Anda akan lebih banyak belajar tentang sejarah penting sekaligus orang - orang penting pada zaman dahulu, dan juga seniman - seniman terkenal dari negara - negara penutur bahasa ini. Kemudian, Anda juga bisa menonton film asing tanpa menggunakan subtitle film tersebut. Setelah memahami bahasa Spanyol akan akan berusaha mencari tahu seluk beluk sebuah film dan menemukan hal - hal unik dan lucu dalam film tersebut.

7. Melatih otak Anda memiliki performa yang lebih baik. Saat belajar bahasa ini bahwa sangat dibutuhkan konsentrasi yang tinggi, latihan yang banyak, kerja keras dan dedikasi. Proses pembelajarannya membantu Anda memperluas rentang perhatian dan menciptakan memori kerja yang lebih kuat, dan tentunya keterampilan ini bisa dialihkan dalam melakukan berbagai pekerjaan atau aspek kehidupan lainnya. Anda juga harus tahu bahwa menurut penelitian mengatakan setelah atau saat Anda menjadi bilingual, itu akan membuat mental Anda lebih kuat atau bermental baja, artinya kepercayaan diri Anda akan lebih muncul tanpa disadari apali saat langsung berbicara dengan orang asing. Hal ini juga bisa menjaga otak menjadi lebih muda dan tetap sehat. Para peneliti juga menambahkan bukti bahwa bilingualisme dapat menunda timbulnya Alzheimer (penurunan daya ingat), dan itu berkontribusi terhadap cadangan kognitif untuk menunda demensia (kemampuan fungsi otak, kemampuan berpikir, pemahaman, dan lain sebagainya). 

8. Membuat teman baru dalam bahasa yang berbeda. Tidak diragukan lagi bahwa metode yang paling praktis untuk belajar sebuah bahasa adalah dengan membuat dan menjadi pertemanan dengan penutur aslinya. Bahasa ini sangat pesat perkembangannya dan bila Anda melihat di daftar top 10 bahasa yang paling banyak digemari atau dipelajari di seluruh dunia, bahasa Spanyol berada di top 5. Dengan menjalin pertemanan sekaligus juga menambah wawasan yang lebih luas dan hal - hal yang lainnya bisa juga terjadi tanpa disadari. Jadi, kita bukan hanya sekedar penonton tapi ikut juga ambil bagian.

9. Mempersiapkan Anda untuk keliling dunia bila ada kesempatan. Seperti yang kita tahu bahwa banyak sekolah atau perguruan tinggi di luar negeri menawarkan program yang membanjiri pemikiran Anda, khususnya saat berada di luar negeri untuk mengenal lebih dalam budaya Spanyol, dimana kegiatannya sangat bervariasi dari yang seminggu sampai berbulan - bulan. Jika ingin mendapatkan pekerjaan atau ingin berkarir di luar negeri, menguasai bahasa Spanyol adalah salah satu pilihan yang baik apalagi di era pasar global ini bahwa seorang bilingual sangat dibutuhkan untuk berinteraksi di dunia internasional.

10. Menjadi jembatan Anda untuk bahasa yang lainnya. Menguasai bahasa Spanyol memiliki efek yang sangat baik, karena setelah Anda mahir atau sudah berada di level tertentu dan ingin mempelajari bahasa latin lainnya maka otomatis ini akan membantu Anda lebih mudah atau bahkan jauh.

Dan satu hal lagi yang ingin saya tambahkan di luar daftar di atas adalah tidak menutup kemungkinan di saat Anda berinteraksi menggunakan bahasa ini dengan penutur aslinya bahwa akan ada rasa ketertarikan satu sama lain, dengan kata lain terjadi Up or Game. Artinya: Di saat Anda belajar langsung dengan orang lain, ada kalanya hal lain terjadi yang mengarah ke pertanyaan yang lebih bersifat pribadi atau bisa dikatakan ada rasa ingin tahu lebih dalam yang memunculkan rasa sayang atau cinta baik secara teman maupun ingin mengenalnya lebih jauh dan untuk memilikinya sekaligus. 

Sekian goresan saya mengenai "Apa alasan belajar bahasa Spanyol"....

No comments:

Post a Comment