Pages

Monday, August 13, 2018

Belajar bahasa melalui Flashcard

Hello, sobat paulnesia!, Sebagai seorang yang senang menulis dan belajar sebuah bahasa, penulis tidak lupa untuk menyimpan pelajaran atau materi yang telah berlalu. Jadi, setiap kali belajar saya selalu menyimpannya di flashcard yang saya unduh ke handphone maupun ke komputer, selain itu aplikasi ini juga sangat membantu untuk mengembangkan kosakata Anda. Jika Anda masih bingung, bagaimana sebenarnya cara atau metode menggunakan Flashcard yang lebih efektif, dan apa aplikasi flashcard terbaik untuk belajar bahasa!. Kedua pertanyaan ini sering ada di benak saya, bahkan seringkali saya gonta-ganti flashcard hingga pada akhirnya saya pun bingung dan tetap tidak ada perubahan. Suatu hari saya berselancar di internet untuk mencari tahu, aplikasi flashcard gratis dan sederhana serta bisa digunakan sesuai dengan keinginan tersendiri (dirombak).


Di bawah ini, Penulis akan uraikan dan jelaskan tuntas mengenai: Jenis aplikasi flashcard untuk belajar bahasa khususnya bahasa Spanyol, bagaimana menggunakannya dan lain sebagainya. 

Daftar isi;
1. Pengertian Flashcard;
2. 6 Cara menggunakan Flashcard; 
3. Berapa banyak Flashcard seharusnya ada di meja Anda; dan .
4. 5 macam Flashcard (versi penulis).

1.  Pengertian Flashcard.
Flashcard adalah sebuah buku kecil berbentuk kartu, berisi kartu-kartu berbentuk persegi dan di dalamnya bisa diisi berupa angka-angka, kata-kata, dan memiliki dua atau tiga sisi secara timbal balik antara pengertian awal dan hasil akhir setelah terjadi pengkonversian. Sebagai contoh, Anda menulis kata-kata sulit di sisi 1, kemudian di sisi 2 anda menuliskan arti yang sebenarnya sesuai kehendak Anda, setelah itu anda bisa menyimpannya untuk latihan berikutnya melalui pengulangan. Secara konklusif ini juga bisa diibaratkan sebagai tanya jawab, disisi 1 berupa pertanyaan dan disisi 2 berupa jawaban. Aplikasi flashcard banyak digunakan untuk membantu proses menghafal dan sering disebut sebagai pengulangan terpisah yang ditinjau dalam jangka atau rentan waktu yang ditentukan. Tidak ada istilah peringatan atau pemaksaan dalam menggunakan flash card. Anda bisa menggunakannya sesuka hati. Kesimpulannya bahwa flashcard sangat membantu untuk memori jangka panjang. Untuk lebih jelasnya saya akan uraikan satu persatu di bawah ini;
  • Manfaat Flashcard. Aplikasi ini sangat membantu dalam melatih mental dari penarikan aktif dimana diberi prom pertanyaan, dan seseorang akan menghasilkan jawabannya. Dalam arti yang lebih luas, Anda bisa menuliskan dan menempatkan apa saja yang nantinya membantu anda mengingat, mengoreksi kesalahan, menjadwalkan, dan membuat anda menjadi orang yang lebih fleksibel. 
  • Dua sisi. Yang dimaksud dengan dua sisi adalah terdiri dari dua fisik sisi, dalam arti konteksnya kedua sisi ini saling berlawanan. Contohnya: Pada saat Anda belajar bahasa Spanyol, maka di fisik /sisi satu anda menulis kata-kata sulit dan dibaliknya anda bisa menuliskan arti dalam bahasa yang anda ketahui. Tapi, seiring berkembangkan teknologi modern bahwa saat ini kita bisa menemukan aplikasi flashcard yang sisinya hanya satu artinya tunggal (membalikkan sesuai arah yang diinginkan), seperti dalam penulisan karangan dan puisi. Ada juga yang dua dek paralel, seperti satu baris bahasa spanyol dan satu baris bahasa Anda. Aplikasi ini bisa menjadi sangat sederhana dan bahkan sangat rumit sesuai cara Anda menggunakannya. 
  • Sistem. Aplikasi flashcard memiliki interval, mengelola interval yang panjang dapat menghabiskan data atau overhead yang ada. Jadi, kebanyakan flashcard digunakan untuk hal sederhana saja yang didasarkan berupa kotak-kotak kecil dan algoritma sederhana. 
  • Sejarah. Menurut Wikipedia bahwa kartu flashcard telah digunakan sejak abad ke-19, dengan reading disentangled (1834).
2.  Cara menggunakan Flashcard
Flashcard adalah sebuah kartu klasik sekaligus modern yang membantu dalam proses pembelajaran. Ada berbagai cara atau metode efektif untuk menggunakannya. Kartu flash bisa digunakan dalam acuan menguji diri untuk mempelajari sebuah informasi, dan juga membantu mengidentifikasi atau menganalisis titik-titik lemah apa pun yang Anda miliki dengan materi tersebut. Namun, ada banyak pelajar menggunakannya dengan metode yang salah dalam praktiknya atau tidak efisien. Jadi, lebih menemukan kesalahan atau titik lemah saat anda belajar dan ketika anda masih bisa memperbaikinya, daripada ketika Anda berada dalam resiko atau stress yang tinggi. Salah pemahaman yang salah adalah mereka menganggap dan menggunakan flashcard hanya untuk menghafal, bukan memahaminya terlebih dahulu. Contoh kesalahan-kesalahan yang sering dijumpai saat menggunakan flashcard, diantaranya: Membuatnya sedemikian rupa sehingga hanya membantu penghafalan yang hanya bersifat sementara atau jangka pendek di otak, Membuat kartu yang rumit yang tidak memaksa penarikan kembali yang membuat orang salah mengenali pemahaman yang sebenarnya, Dan menggunakan kartu flash berlebihan. Jadi, Penulis ingin memberikan beberapa tips agar Anda terhindar dari kesalahan tersebut dan guna menambah lebih banyak variasi untuk pemahaman dan konsep yang Anda gunakan nantinya. 


  • Buatlah kartu flash Anda sendiri. Ada banyak orang yang mau berbagai kartu dek mereka, dan ada banyak aplikasi flashcard yang bisa diunduh di luar sana yang membuat Anda langsung mengunduh dan mulai menggunakannya. Dalam beberapa kasus mungkin ini sangat membantu, akan tetapi Anda akan bisa melayani otak dengan membuat kartu flash tersendiri. Salah satu bagian yang amat penting melalui pembuatan flash tersendiri adalah ketika anda memperoleh informasi bahwa Anda akan diperdebatkan dengan otak untuk menciptakan sesuatu yang baru dengan kata-kata, angka, dan gambar sesuai dengan metode Anda tersendiri sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih lama utuh di otak. Dengan melakukan hal tersebut, maka akan dapat menciptakan saraf otak yang kuat yang memungkinkan Anda untuk mengingat dan mengambil kembali apa yang Anda pelajari di kemudian hari. Itulah sebabnya ada studi mengatakan, "Untuk mengajarkan, apa yang anda pelajari dengan cara anda sendiri akan memaksa anda menyajikan informasi dengan cara Anda tersendiri". Di saat anda menggunakan flashcard yang sudah dibuat, disini anda melewatkan begitu banyak proses yang sangat bermanfaat. Jadi, dengan membuat kartu flash sendiri akan memberikan anda membantu menyesuaikannya dan membuatnya jauh lebih baik. 
  • Gabung dan campur gambar dengan kata-kata. Menambah kartu ke flash akan membantu kita untuk mengingatnya dengan lebih mudah. Dalam metode psikologi kognitif dikatakan bahwa belajar melalui gambar memiliki keunggulan, karena kita akan cenderung mengingat wajah atau mitra dibandingkan dengan kata-kata. Namun, bukan berarti Anda harus mengganti semua kata-kata di flash Anda dengan gambar, tapi ada baiknya Anda mencampurkannya karena otak kita secara adaptif menangkap ritme pembelajaran gambar dan kata. 
  • Gunakanlah perangkat mnemonik. Dalam pembuatan postingan ini, sebelumnya memulainya saya mempelajari beberapa unsur terlebih dahulu dan itu membantu saya memandang dunia jauh lebih baik dibandingkan dengan apa yang saya lakukan di saat ini. Dan bagi saya tersendiri ini menjadi tantangan yang menyenangkan. Sekarang ini orang-orang menggunakan perangkat mnemonik untuk membangun hubungan antara dua bagian informasi dalam diri Anda. 
  • Tuliskan hanya satu informasi atau pertanyaan dalam satu kartu. Dalam perjalanan saya, sering kali saya bertanya-tanya, bagaimana orang-orang ahli bisa menghafal rumus yang rumit dan bagaimana orang-orang bisa mengingat dan menghafal dengan gampang unsur-unsur dalam suatu pesawat. Bagi saya hal ini sangat mustahil. Namun, seiring berjalannya waktu saya pun menyadari ternyata mereka melakukannya dengan konsentrasi atau fokus yang tinggi dalam suatu hal untuk menemukan arti dan pemahaman yang sebenarnya. Yang saya maksudkan di sini adalah di saat kita disuruh untuk menghafal sejarah pesawat terbang pertama dengan cepat, maka Apa yang harus dilakukan!, Wah, ini tidak mungkin dalam waktu cepat bisa saya hafal dan ingat, dan ternyata metode ini sangat ampuh. Salah satu contohnya: tentang pesawat pertama. Maka yang harus dilakukan adalah keluarkan kartu flash anda dan tuliskan di bagian depan "Pesawat pertama", kemudian di bagian belakang Anda menyebutkan: "Wright flyer, terbang pada tahun 1903, terbang 10 kali, menggunakan rantai kerbau. Jadi, kira-kira demikian. Dengan menyebutkan beberapa fakta tentang judul flash Anda. Secara tidak kita sadari itu akan membuat ilusi di otak Anda untuk mengembangkan dan mengajarkannya dan otomatis hal ini membuat memori yang lebih panjang dan lama. 
  • Memilah konsep menjadi lebih sederhana ke beberapa pertanyaan atau pernyataan. Artinya, ketika diperhadapkan dengan materi yang rumit, ribet, dan berbelit yang Anda anggap mustahil menguasai yang satu ini, nah, di saat seperti ini Anda harus memilahnya ke beberapa bagian kecil atau lebih sederhana. Elemen-elemen ini nantinya membantu Anda menemukan inti kecilnya. Contoh: Makanan. Maka Anda bisa pilah menjadi, makanan pokok - makanan sekunder-dan makanan tersier, setelah itu Anda tulis lagi apa yang menjadi makanan pokok-sekunder-tersier,. hingga ke akar-akar terkecilnya. 
  • Yang terakhir, Jangan perlakukan kartu flash Anda seperti peluru emas. Maksudnya adalah kartu flash digunakan sebagai salah satu metode meninjau materi. Jadi, saat menggunakan flashcard sebaiknya Anda menuliskannya dengan kata-kata Anda sendiri, seperti: "Tulis penjelasan dengan kata-kata Anda sendiri, "Buat kuis, "Lakukan banyak pengulangan berupa praktek, "Buat peta pikiran atau diagram venn".  


3. Berapa banyak Flashcard seharusnya ada di meja Anda
Ketika membuat dan menamai dek, Anda harus memastikan mengaturnya ke dalam format yang paling nyaman untuk tujuan studi Anda. Biasanya akan jauh lebih masuk akal memisahkan dek secara tipikal (misalnya, divisel, organsel, dll). Ukuran dek yang sebaiknya adalah ukuran yang sepenuhnya memenuhi tujuan pembelajaran Anda. tidak lebih dan tidak kurang. Beberapa kelas bisa dipecah sampai 20 dek, dengan antara 15 sampai 200 kata di masing-masing. Dek yang terlalu besar antara 30 sampai 40 yang menghasilkan kata lebih dari 400 akan secara spontan membuat kita frustasi dan tidak terkesan menarik. Jadi, ada baiknya anda menempatkannya dalam cell-division yang sesuai, misalnya cell 1 berisi 200 flash dan di cell 2 berisi 200 flash dan seterusnya. Namun, ini terserah Anda tergantung mana yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

4. 5 macam Flashcard 


  • AnkiDroid. Flashcard ini sengaja saya buat di urutan pertama, karena menurut saya pribadi ini adalah aplikasi yang paling sederhana dan ringan di download. Aplikasi ini termasuk yang paling mudah disesuaikan dengan disertai pengaturan untuk ukuran, warna font, warna latar belakang, rotasi layar, mode layar penuh, pengaturan scroll, seberapa sering mengulangi kartu tsb., dan lain sebagainya. 
  • Quizlet. Ini termasuk aplikasi yang paling menonjol sejauh yang saya lihat, karena adanya pembaharuan secara berkala di dalamnya, Anda dapat membuat kartu tersendiri dan mencari subjek yang telah dikirimkan pengguna lainnya. Dan yang paling uniknya di aplikasi ini tersedia audio asli dan bisa digunakan secara offline. 
  • StudyDroid. Dari namanya jelas kita tahu terdiri dari dua kata yang dijadikan satu, yaitu: Study and Droid, berarti aplikasi untuk belajar di Android. Aplikasi ini juga termasuk sangat sederhana, karena di dalamnya disertakan beberapa unsur tambahan seperti menambahkan kartu flash, sinkronisasi, dan dua menu pengaturan. 
  • StudyBlue. Nah, ini merupakan aplikasi bergaya modern. ala zaman now. Kenapa?, karena secara estetis aplikasi ini sangat menyenangkan untuk dilihat, aplikasi ini jelas bertujuan untuk menghubungkan antara pelajar dengan guru, dan bisa digunakan juga di dalam kelas. Secara teori, jika seluruh siswa dalam kelas menggunakannya, Anda dapat membagikan catatan atau Guru bisa membagikan catatan serta materi untuk Anda. Dan terus terang penulis lebih menyukai aplikasi antar muka daripada versi web lainnya, dan mungkin Anda juga setuju. Memang secara keseluruhan sangat bagus dan menarik karena memiliki banyak fitur, termasuk untuk menebak bagaimana Anda memberi label. Satu-satunya kelemahan aplikasi ini adalah disaat antar muka hanya bisa ditampilkan landscape atau mendatar, tidak portrait. Dan anda juga meningkatkannya atau mengupgrade ke versi pro untuk menghilangkan iklan dan mendapatkan fitur yang lebih dalam. Jika Anda menyukai metode seperti, Anda bisa download. Jadi, tergantung keinginan dan kenyamanan masing-masing. 
  • Yang terakhir adalah BH INC. Nama yang keren seperti nama sebuah brand atau perusahaan. Aplikasi yang satu ini juga cukup menarik guys, kenapa?. Karena, menawarkan fitur yang berbeda untuk setiap bahasa dan subyek. Ini adalah aplikasi yang lain lebih mengarah ke pendekatan kotak untuk pengenalan spasi, meletakkan kartu yang tidak anda ketahui dengan baik di kotak 1 dan kartu yang anda ketahui dengan baik di kotak 5, dan juga dilengkapi dengan garis untuk memisahkan kosakata ke dalam beberapa kategori. 
Sekian mengenai Flashcard. Semoga membantu teman-teman paulnesia. 

No comments:

Post a Comment