Pages

Sunday, August 12, 2018

Aplikasi pendukung belajar bahasa Spanyol

Dalam mempelajari sebuah bahasa baru tentunya kita membutuhkan sebuah atau lebih aplikasi yang mendukung kita nantinya dalam belajar. Di beberapa bulan terakhir saya membaca banyak aplikasi baru yang bermunculan mengenai belajar sebuah bahasa, baik berupa website, aplikasi yang bisa di download di Android, podcast, dan juga flash card. Masing-masing aplikasi ini memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri. Jadi, di bawah ini saya akan menuliskannya secara rinci dan Anda bisa memilih salah satu atau mungkin memasangnya di komputer dan handphone android lebih dari satu sekaligus seperti penulis sendiri memasang dua aplikasi di android yang di download dari playstore, berbagai podcast dan satu flash card untuk menyimpan kosakata. 

Nah, Aplikasi-aplikasi ini saya urutkan dari yang terbaik menurut versi saya sendiri, karena saya lebih memilih aplikasi yang sederhana, namun mampu menarik hati sekaligus juga yang gratisan. Tapi, ini bukan berarti menjadi acuan penulis untuk Anda memilih sesuai dengan keinginan saya. Sebaiknya bisa dipilih sesuai minat dan kesukaan Anda. Setiap aplikasi ini memiliki daya tarik tersendiri. Mari kita simak apa saja aplikasi tersebut!. 

Isi;
1.  7 Aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Spanyol (versi penulis);

7 Aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Spanyol
1. Duolingo. Aplikasi ini menjadi nomor satu yang menjadi andalan saya yang mana hampir setiap hari saya buka untuk belajar berbagai bahasa, khususnya bahasa Spanyol. Hampir semua kalangan menyebutkan Duolingo ini menjadi tempat belajar yang menyenangkan, karena kita bisa menemukan berbagai macam bahasa-bahasa di dalamnya, di tahun 2018 aplikasi ini mampu mendulang lebih dari 100 juta pengguna setiap harinya dan aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi belajar seluler. Selain itu, banyak kursus pembelajaran di dalamnya dibuat langsung oleh penutur bahasa asli sehingga mampu menarik minat sekaligus memberdayakan masyarakat yang ingin mempelajari sebuah bahasa. Keunikan lainnya adalah aplikasi ini tidak semata ditujukan untuk penutur asli bahasa Inggris, akan tetapi bisa dipelajari langsung dengan menggunakan bahasa pertama kita sendiri. Sejauh yang saya lihat bahwa Aplikasi Duolingo memiliki program-program yang baru setiap bulannya yang membuat kita betah berlama-lama di dalamnya, satu hal lagi yang paling menarik aplikasi ini bisa digunakan dengan gratis atau tidak dipungut biaya sepeser pun, dan apabila Anda ingin mendonasi untuk membantu biaya pemeliharaan dan perawatan aplikasi ini, bisa dikirimkan melalui menu yang tersedia, itupun bila Anda berminat untuk mendonasikannya. Cobalah dan rasakan manfaatnya!. 

2. Hello talk. Seperti namanya yang unik otomatis di benak Anda pertama adalah berbicara, bukan!. nah, di dalam aplikasi hello talk Anda bisa mengirimkan pesan kepada lawan bicara yang Anda anggap mampu meningkatkan skill bahasa, sekaligus berbicara atau hal lainnya. Di dalam aplikasi ini, Anda bisa memposting sesuatu kalimat yang dianggap susah atau masih ragu kebenarannya, dan kemudian penutur asli akan memberikan komentar di bawahnya. Jadi, dalam arti kerasnya bahwa Hello Talk adalah sebuah aplikasi yang memfasilitasi praktik berbicara dan menghilangkan potensi stress dalam percakapan nyata, dan Anda bisa menemukan penutur asli untuk berbicara, mengirimkan pesan teks seperti aplikasi WhatsApp. Penutur asli akan mengoreksi kesalahan dari teks, post, dan bahkan saat berbicara. Aplikasi ini juga memiliki terjemahan terintegrasi yang mana nantinya membantu disaat Anda  kehilangan atau lupa satu huruf dalam sebuah kata. Intinya guys aplikasi ini sangat keren sekali apalagi dipadu dengan yang lainnya. 

3. Memrise. Ini adalah aplikasi kedua yang pernah ada di handphone android saya. Masih sangat teringat jelas saat pertama kali menggunakannya, karena sangat senangnya saya menghabiskan waktu lebih dari 2 jam dalam satu sesi tanpa henti, mata memerah, otak jadi kaku, bahkan lemot dan lesu. Seperti namanya Memrise "Memorize" dalam bahasa Indonesia "Menghafal". Di dalamnya Anda akan temukan nantinya kata-kata atau kalimat yang akan anda pelajari, jadi anda bisa menuliskan di buku terlebih dahulu sebelum memulai pertandingan. Jadi, Memrise adalah tempat anda berlatih kosakata yang menyenangkan. Keunggulan memrise ini terletak dalam penyusunan dan pola kata atau kalimat yang anda pelajari nantinya, yang mana dibuat unik dan lucu. Di aplikasi ini Anda diajak seperti berkompetisi sesama pelajar, adanya leaderboard mingguan, bulanan bahkan tahunan memacu Anda bergiat untuk menjadi nomor teratas. Terinspirasi, bukan!. Kekuatan memrise juga terletak dalam dua hal yang mana adanya repetisi atau pengulangan. Algoritma pengulangan yang terpisah menghitung kapan dan seberapa sering anda meninjau setiap kata, tentunya hal ini memperkuat ingatan Anda. 

4. Busuu. Aplikasi yang satu ini juga sangat bagus, sayangnya setelah sebulan atau dalam jangka tertentu setelah Anda mencapai level sedikit lebih ke atas, maka Anda harus membayar bulanan untuk membuka beberapa materi pembelajaran. Aplikasi ini membawa anda ke dialog individu yang sederhana dan pertanyaan tentang dialog termasuk di dalamnya audio atau suara sehingga Anda bisa mendengarkan pelafalan aslinya. Aspek khusus dari aplikasi ini adalah Anda bisa mengundang atau berbicara langsung dengan penutur aslinya. Jadi, jika Anda adalah pecandu poin dan lencana, ini adalah aplikasi yang direkomendasikan oleh penulis.


5. Lingua ly. Aplikasi ini bertujuan untuk membuat anda membaca konten yang ditulis oleh penutur aslinya dari tingkat awal pembelajaran. Bahan belajar didasarkan pada teks yang ditarik dari internet, oleh karena itu anda tidak akan pernah mengeluh akan kurangnya variasi pembelajaran. Pada awalnya aplikasi ini akan menanyakan beberapa kata tertentu, apakah sebelumnya anda sudah tahu atau belum, jadi ini seakan tes penempatan di level mana nantinya anda memulainya.  


6. Triplingo. Aplikasi ini bertujuan untuk membuat anda berbicara dan dipahami sehingga tidak membuat anda merasa tersesat saat berada di negeri asing atau melancong nantinya. Selain itu, pembuat konten juga sangat berhati-hati, sehingga setidaknya anda terlihat seperti orang lokal. 

7. Hi native. Aplikasi ini bertujuan untuk langsung berbicara dengan penutur aslinya dengan mendapatkan kontak dan jadwal belajar nantinya. Wah, menarik sekali ya!. Jadi, Anda tidak perlu mencari mitra pontak-pantik untuk belajar. Hal dasarnya adalah untuk mempertemukan penutur asli dengan peserta didik untuk saling membantu menyelesaikan sedikit banyaknya tentang masalah dalam bahasa tersebut. 

No comments:

Post a Comment