Pages

Thursday, July 19, 2018

Shopping (perbelanjaan)

Perbelanjaan

Shopping-dalam-bahasa-indonesia
  1. Pergi Berbelanja /going shopping
  2. Frasa yang mungkin digunakan /Phrase that may be used
Going Shopping /pergi berbelanja
Berbelanja adalah cara yang baik untuk berkomunikasi dengan banyak orang yang berbeda, dan itu membantu banyak untuk meningkatkan kepercayaan diri anda dalam berbahasa Indonesia. Anda berada dalam sebuah toko, dan anda ingin bertanya apakah barang ini tersedia dalam ukuran yang lebih besar atau apakah jaket ini tersedia dalam ukuran lebih kecil. Bagaimana Anda melakukannya dalam Bahasa Indonesia?, Bagaimana Anda meminta ukuran tertentu?
Jadi, jika anda membiasakan diri dengan frasa dan kosakata di blog ini, maka Anda akan tahu apa yang anda dengar dari orang - orang yang anda ajak bicara tentang belanja anda. 

Shopping is a good way to communicate with lots of different people, and it helps a lot to boost your confidence in speaking Indonesian. You're inside of a store, and you want to ask whether the stuff is available in a bigger size or whether the jacket is available in a smaller size. How do you do that in Indonesian?, How do you ask for a specific size?, 
Well, if you familiarise yourself with phrases and vocabularies in this blog, then you will know what you should expect to hear from the people you talk to on your shopping spree.  

3s;
Salesperson /sales clerk /clerk - Pramuniaga /pelayan toko
Cashier /Cash register /Teller /Counter /Checker - Kasir
Customer - Pembeli

SP;
May I help you? /Can i help you? - bisa saya bantu?
How can I help you? - apa yang bisa saya bantu?
Can I help you find something? - boleh saya bantu menemukan sesuatu?
Are you looking for something in particular? - apakah anda sedang mencari sesuatu secara khusus?
What size would you like? - ukuran berapa maumu /yang anda suka?
What can i do for you? - apa yang bisa saya lakukan untuk anda?
Anything else? - ada yang lain?
Is someone looking after you? - adakah seseorang yang mendampingimu /yang ikut denganmu?
How about this one? - bagaimana dengan yang ini?
How does it fit? - bagaimana, apakah itu cocok?
They are over there - ada di sebelah sana
You can find it over there - kamu bisa menemukannya di sebelah sana
I'm afraid that's the only color that we have - saya khawatir itu satu- satunya warna yang kami miliki
Sorry, we don't have any more in stock - maaf, kami tidak memiliki stok lagi
I have exactly what are you looking for - saya punya apa yang Anda cari
This one is one sale now! - yang satu ini sedang di obral saat ini!
The fitting /changing rooms are over there - ruang ganti di sebelah sana
What size do you take? - ukuran berapa yang anda ambil?
Would you like to try it on? - apakah anda mau mencobanya?
Buy two for the price of one - beli dua gratis satu
Shall I gift wrap it? - boleh saya bungkus?
Would you like a plastic? - apakah kamu mau plastik?
Here you are/you go - ini dia
You're welcome /sama- sama
That's 14,000,00 altogether - semuanya Rp. 14.000,00
Here's your change - ini uang kembaliannya
Did you find everything okay? - apakah anda menemukan semuanya dalam keadaan baik?
Is that everything? - apakah itu semuanya?
Anything else? - ada yang lain?
Please, pay at the checkout - tolong bayar di kasir
I'll take this to the checkout - aku akan membawa ini ke kasir
Who's next? - siapa berikutnya?
Next, please - tolong berikutnya
How would you like to pay? - bagaimana anda ingin membayar?
Will that be cash or credit? - uang tunai atau kredit?
Can I help you with anything else? - ada yang lain bisa saya bantu?
Enter your pin, please - silahkan masukkan pin Anda
Put your card into the machine, please - silahkan masukkan kartu anda ke mesin
The total is - totalnya adalah

Read Also; Clothes shop
C;
Where can I find .. /dimana saya bisa temukan
I'm looking for a pair of shoes /saya mencari sepasang sepatu
Could you help me please? /bisakah kamu membantuku?
Do you sell /apakah anda menjual
Do you have these in a smaller /bigger size? - apakah anda 
memiliki ini dalam ukuran yang lebih kecil /lebih besar?
I need - saya butuh
have you got anything cheaper? - apakah ada yang lebih murah?
Where can I find some vegetables? - dimana saya bisa menemukan sayuran?
Can I ask something? - bolehkah saya bertanya sesuatu?
I don't need any help, I'm just looking, thanks - saya tidak butuh bantuan, saya hanya melihat, terima kasih
No, I'm just looking - tidak, saya hanya melihat
That's a little over my budget - itu sedikit di atas anggaran /persediaan saya 
Oh, that's expensive - oh, itu mahal
I'll take it  - aku akan mengambilnya
I'll take this, please - aku akan mengambil yang ini
It's good value - itu harga bagus
Wow, that's cheap! - itu murah!
It's not quite what i wanted - itu tidak seperti yang saya inginkan
It's too small - ini terlalu kecil
It's too long - ini terlalu panjang
It's too short - ini terlalu pendek
It's too big /large - ini terlalu besar
I don't like it - saya tidak menyukainya
How much is it? - berapa harganya?
I'm size - saya ukuran
That's all for today, thanks - itu saja untuk hari ini, terima kasih
Do you accept credit cards? - apakah anda menerima kartu kredit?
Could i have a receipt, please - bisakah saya memiliki tanda terima
Where is the checkout? - di mana kasirnya?
Could I have a plastic /bag, please? - bolehkah pakai plastik?
Can I pay by cheque, please? - boleh saya bayar pakai cek?
Does it have warranty /guarantee? - apakah itu punya 
garansi? /apakah ada jaminannya?
Do you offer a cash discount? - apakah ada diskon tunai?

Things written that you might see;
Open - buka

Closed - tutup

Open 24 hours (a day) - buka dalam 24 jam

Special offer - penawaran istimewa khusus

Sale - diobral

Clearance sale - obral cuci gudang

Bargains - tawar menawar nego

Buy 1 get 1 free - beli satu gratis satu

100% off everything - diskon 100%

Out for lunch - keluar makan siang

Back at 10PM - kembali pukul 10 malam 22.00 wib

CCTV in operation - CCTV beroperasi

Shoplifters will be prosecuted - pengutil pencuri akan diadili

Half price sale - setengah harga jual













No comments:

Post a Comment